Cari Blog Ini

Selasa, 17 Juni 2014

Paduan I'tikaf


Assalamu'alaikum Warahmatulahi Wabarakatu.

Bismillahirrahmanirrahim
Allahummashalli 'alaa Muhammad wa'alaa aalihi wa ashabihi wadlurriyatihi
washallim.
 



“Alhamdulillahi nasta’iinuhu wanastagh firuhu wana’uudzubillaahi min syuruuri anfusinaa waminsayyi ati a’ maalinaa man yahdihillahu falaa mudhilla lahu waman yudhlil falaa haadiya lahu, asyhadu anlaa ilaha illallaahu wah dahulaa syariikalahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu warasuuluhu la nabiya ba’da.”





Paduan I'tikaf



I’tikaf scara bhs brarti mnetap pd sesuatu.Sdangkan scara syar’i,i’tikaf brarti menetap dmasjid dg tata cara yang khusus disertai dengan niat.[1]



Dalil Disyari’atkannya I’tikaf

 Ibnul Mundzir mengatakan, “Pr ulama spakat bhw i’tikaf itu sunnah,bkn wajib kcuali jk seseorg mewajibkan bg dirinya bernadzar u/ melaksanakan i’tikaf.”[2]

Dari Abu Hurairah, ia berkata,

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يَعْتَكِفُ فِى كُلِّ رَمَضَانَ عَشْرَةَ أَيَّامٍ ، فَلَمَّا كَانَ الْعَامُ الَّذِى قُبِضَ فِيهِ اعْتَكَفَ عِشْرِينَ يَوْمًا

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf pd bln Ramadhan slama 10 hari.Namun pd tahun wafatnya,Beliau beri’tikaf slama 20 hari”.[3]

Wkt i’tikaf yg lebih afdhol ad/ diakhir-akhir ramadhan (10 hari trakhir bln Ramadhan) sbgmn hadits ‘Aisyah,ia erkata,

أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ، ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf pd 10 hari yg akhir dr Ramadhan hingga wafatnya kmudian isteri2 beliau pun beri’tikaf stlh kpergian beliau.”[4]

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf pd 10 hari trakhir dg tujuan u/ mendptkan malam lailatul qadar,u/ menghilangkan dr sgala ksibukan dunia,shingga mdh bermunajat dg Rabbnya,byk brdo’a & byk berdzikir ktika itu.[5]

I’tikaf Harus Dilakukan di Masjid
Hal ini brdasarkan Firman Allah Ta’ala,

وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ

“(Tetapi) janganlah kamu campuri mrka sedang kamu beri’tikaf dlm masjid” (QS.Al Baqarah:187).Dmikian jg dkrnakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bgitu jg istri2 beliau mlakukannya dmasjid & tdk prnah drmh sama skali.Ibnu Hajar rahimahullah brkata,“Pr ulama spakat bhw disyaratkan mlakukan i’tikaf dmasjid.”[6] Trmasuk wanita,ia boleh mlakukan i’tikaf sbgmn laki2,tdk sah jk dlakukan slain dmasjid.[7]



I’tikaf Boleh Dilakukan di Masjid Mana Saja

Mnurut mayoritas ulama, i’tikaf disyari’atkan dsemua masjid krna keumuman Firman Allah diatas (yang artinya) “Sedang kamu beri’tikaf dalam masjid”. [8]

Imam Bukhari membawakan Bab dlm kitab Shahihnya,“I’tikaf pd 10 hari trakhir bln Ramdhan & i’tikaf dseluruh masjid.” Ibnu Hajar menyatakan, “Ayat tsb (surah Al Baqarah:187) mnyebutkan disyaratkannya masjid,tnpa dikhususkan masjid trtentu”[9].[10]

Pr ulama slanjutnya brselisih pendpt masjid apakah yg dmaksudkan.Apakah masjid biasa dmana dijalankan shalat jama’ah 5 waktu[11] a/kah masjid jaami’ yg diadakan jg shalat jum’at dsana?

Imam Malik mengatakan bhw i’tikaf boleh dilakukan dmasjid mn sj (asal ditegakkan shalat 5 waktu dsana,pen) krna keumuman Firman Allah Ta’ala,

وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ

“sedang kamu beri’tikaf dalam masjid”(QS. Al Baqarah:187).Ini jg menjadi pndapat Imam Asy Syafi’i.Namun Imam Asy Syafi’i rahimahullah mnambahkan syarat,yaitu masjid tsb diadakan jg shalat Jum’at.[12]Tujuannya dsini ad/ agar ktika plaksanaan shalat Jum’at,org yg beri’tikaf tdk prlu kluar dr masjid.
Knp disyaratkan dmasjid yg ditegakkan shalat jama’ah?Ibnu Qudamah katakan,“Shalat jama’ah itu wajib (bg laki2).Jk seorg laki2 yg hendak mlaksanakan i’tikaf tdk brdiam di masjid yg tdk dtegakkan shalat jama’ah,mk bs trjadi 2 dampak negatif:(1) meninggalkan shalat jama’ah yg hukumnya wajib, (2) terus mnerus kluar dr t4 i’tikaf pdhal spt ini bs sj dihindari.Jk smacam ini yg trjadi,mk ini sm sj tdk i’tikaf.Pdhal maksud i’tikaf ad/ u/ mnetap dlm rangka mlaksanakan ibadah pd Allah.”[13]



Wanita Boleh Beri’tikaf

Sbgmn Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengizinkan istri beliau u/ beri’tikaf. ‘Aisyahradhiyallahu ‘anha brkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَعْتَكِفُ فِى كُلِّ رَمَضَانَ ، وَإِذَا صَلَّى الْغَدَاةَ دَخَلَ مَكَانَهُ الَّذِى اعْتَكَفَ فِيهِ – قَالَ – فَاسْتَأْذَنَتْهُ عَائِشَةُ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa beri’tikaf pd bln Ramadhan.Apabila selesai dr shalat shubuh,beliau msk ket4 khusus i’tikaf beliau.Dia (Yahya bin Sa’id) brkata: Kemudian ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha meminta izin u/ bs beri’tikaf brsama beliau,mk beliau mengizinkannya.”[14]

Dr ‘Aisyah,ia brkata,
أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ، ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan hingga wafatnya kemudian isteri-isteri beliau pun beri’tikaf setelah kepergian beliau.”[15]

Namun wanita boleh beri’tikaf dmasjid asalkan memenuhi 2 syarat:(1)Meminta izin suami,(2)Tdk mnimbulkan fitnah (godaan bg laki2) shingga wanita yg i’tikaf hrs benar2 mnutup aurat dg sempurna & jg tdk memakai wewangian.[16]



Lama Waktu Berdiam di Masjid

Pr ulama spakat bhw i’tikaf tdk ada batasan waktu maksimalnya.Namun mrk brselisih pendpt brp wkt minimal u/ dikatakan sdh beri’tikaf.[17]
Bg ulama yg mensyaratkan i’tikaf hrs dsertai dg puasa,mk wkt minimalnya ad/ sehari.Ulama lainnya mengatakn dibolehkan kurang dr shari,namun tetap disyaratkan puasa.Imam Malik mensyaratkan minimal 10 hari. Imam Malik  jg memiliki pendpt lainnya,minimal 1 a/ 2 hari.Sdangkan bg ulama yg tdk mensyaratkan puasa,mk wkt minimal dkatakan tlh beri’tikaf ad/ slama ia sdh berdiam dmasjid & disini tnpa dipersyaratkan hrs duduk.[18]

Yg tepat dlm masalah ini,i’tikaf tdk dipersyaratkan u/ puasa,hanya disunnahkan[19].Menurut mayoritas ulama,i’tikaf tdk ada batasan wkt minimalnya,artinya boleh cuma sesaat dmalam a/ dsiang hari.[20] Al Mardawi rahimahullah mengatakan,“Waktu minimal dikatakan i’tikaf pd i’tikaf yg sunnah a/ i’tikaf yg mutlak[21] ad/ slama disebut brdiam dimasjid (walaupun hanya sesaat).”[22]

Yg Membatalkan I’tikaf
1.Keluar masjid tanpa alasan syar’i & tanpa ada kebutuhan yg mubah yg mendesak.
2.Jima’ (bersetubuh) dg istri brdasarkan Surht Al Baqarah:187. Ibnul Mundzir telah menukil adanya ijma’ (kesepakatan ulama) bhw yg dmaksud mubasyaroh dlm surah Al Baqarah:187 ad/ jima’ (hubungan intim)[23].

Yg Dibolehkan Ketika I’tikaf
1.Kluar masjid disebabkan ada hajat yg mesti ditunaikan spt kluar u/ makan,minum & hajat lain yg tdk bs dilakukan didlm masjid.
2.Mlakukan hal2 mubah spt mengantarkan org yg mengunjunginya sampai pintu masjid a/ bercakap-cakap dg org lain. 3.Istri mengunjungi suami yg beri’tikaf & berdua-duaan dgnya.
4.Mandi & berwudhu di masjid.
5.Membawa kasur untuk tidur di masjid.

Mulai Masuk & Keluar Masjid
Jk ingin beri’tikaf slama 10 hari trakhir bln Ramadhan,mk seorg yg beri’tikaf mulai memasuki masjid stlh shalat Shubuh pd hari ke-21 & kluar stlh shalat shubuh pd hari ‘Idul Fithri mnuju lapangan.Hal ini sbgmn terdpt dlm hadits ‘Aisyah,ia brkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَعْتَكِفُ فِى كُلِّ رَمَضَانَ ، وَإِذَا صَلَّى الْغَدَاةَ دَخَلَ مَكَانَهُ الَّذِى اعْتَكَفَ فِيهِ – قَالَ – فَاسْتَأْذَنَتْهُ
عَائِشَةُ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa beri’tikaf pd bln Ramadhan.Apabila selesai dr shalat shubuh,beliau masuk ke t4 khusus i’tikaf beliau.Dia (Yahya bin Sa’id) berkata: Kemudian ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha meminta izin u/ bs beri’tikaf bersama beliau,mk beliau mengizinkannya.”[24]

Namun para ulama madzhab menganjurkan u/ memasuki masjid menjelang matahari tenggelam pd hari ke-20 Ramadhan. Mrk mengatakan bhw yg namanya 10 hari yg dimaksudkan ad/ jumlah bilangan malam sehingga seharusnya dimulai dr awal malam.

Adab I’tikaf
Hendaknya ktika beri’tikaf,seseorg menyibukkan diri dg melakukan ketaatan spt berdo’a,dzikir,bershalawat pd Nabi,mengkaji Al Qur’an & mengkaji Hadits.Dimakruhkan menyibukkan diri dg perkataan & perbuatan yg tdk brmanfaat.[25]

[1] Lihat Al Mawsu’ah Al Fiqhiyah, 2/1699.
[2] Al Mughni, 4/456.
[3] HR. Bukhari no. 2044.
[4] HR. Bukhari no. 2026 dan  Muslim no. 1172.
[5] Latho-if Al Ma’arif, hal. 338
[6] Fathul Bari, 4/271.
[7] Al Mawsu’ah Al Fiqhiyah, 2/13775.
[8] Lihat Shahih Fiqh Sunnah, 2/151.
[9] Fathul Bari, 4/271.
[10] Adapun hadits marfu’ dari Hudzaifah yang mengatakan, ”Tidak ada i’tikaf kecuali pada tiga masjid yaitu masjidil harom, masjid nabawi dan masjidil aqsho”; perlu diketahui, hadits ini masih diperselisihkan statusnya, apakah marfu’ (sabda Nabi) atau mauquf (perkataan sahabat). (Lihat Shahih Fiqh Sunnah, 2/151). Jika melihat perkataan Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah, beliau lebih memilih bahwa hadits tersebut hanyalah perkataan Hudzaifah ibnul Yaman. Lihat Fathul Bari, 4/272.
[11] Walaupun namanya beraneka ragam di tempat kita, baik dengan sebutan masjid, musholla, langgar, maka itu dinamakan masjid menurut istilah para ulama selama diadakan shalat jama’ah lima waktu di sana untuk kaum muslimin. Ini berarti jika itu musholla rumahan yang bukan tempat ditegakkan shalat lima waktu bagi kaum muslimin lainnya, maka ini tidak masuk dalam istilah masjid. Sedangkan dinamakan masjid Jaami’ jika ditegakkan shalat Jum’at di sana. Lihat penjelasan tentang masjid di Al Mawsu’ah Al Fiqhiyah, 2/13754.

[12] Lihat Al Mughni, 4/462.
[13] Al Mugni, 4/461.
[14] HR. Bukhari no. 2041.
[15] HR. Bukhari no. 2026 dan  Muslim no. 1172.
[16] Lihat Shahih Fiqh Sunnah, 2/151-152.
[17] Lihat Fathul Bari, 4/272.
[18] Idem.
[19] Lihat Shahih Fiqh Sunnah, 2/153.
[20] Lihat Shahih Fiqh Sunnah, 2/154.
[21] I’tikaf mutlak, maksudnya adalah i’tikaf tanpa disebutkan syarat berapa lama.
[22] Al Inshof, 6/17.
[23] Fathul Bari, 4/272.
[24] HR. Bukhari no. 2041.
[25] Lihat pembahasan I’tikaf di Shahih Fiqh Sunnah, 2/150-158.

Wallahu'alam
Barakallahu Fikum 


Wasalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu 
 


 Bismillahirrahmanirrahim...
Allahumma shallii alaa Muhammad Nabiyyil ummi wa barik 'alaihi wasallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad Wa umma wabarik 'alaihi wasallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad Biadadi man shalla' alaihi wasallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad Biadadi man lam an yushalli 'alaihi wasallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad kama tuhibbu an yushalli 'alaihi wassallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad kama amarta an yushalli 'alaihi wasallim

Allahumma shallii 'alaa Muhammad kama yasbaqhis shalawatu 'alaihi wasallim.
Allahumma shalli 'alaa Muhammadin wa'ala ali Muhammadin kamasollaita'ala Ibrahim.
Wabarik'ala Muhammadin wa'ala ali Muhammadin kamabarakta'ala Ibrahima fil'alamin.
innaka hamidunmajid
amiin Ya Karim
amiin Ya Wahhab..amiin Ya "Alimun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Risalah Alladuniyah-Imam Ghazaly

Risalah Alladuniyah-Imam Ghazaly   1 Assalamu'alaikum Warahmatulahi Wabarakatu. Bismillahirrahmanirrahim Allahummashalli 'al...