Assalamu'alaikum Warahmatulahi Wabarakatu.
Bismillahirrahmanirrahim
Allahummashalli 'alaa Muhammad wa'alaa aalihi wa ashabihi wadlurriyatihi
washallim.
Bismillahirrahmanirrahim
Allahummashalli 'alaa Muhammad wa'alaa aalihi wa ashabihi wadlurriyatihi
washallim.
“Alhamdulillahi nasta’iinuhu wanastagh firuhu wana’uudzubillaahi min
syuruuri anfusinaa waminsayyi ati a’ maalinaa man yahdihillahu falaa
mudhilla lahu waman yudhlil falaa haadiya lahu, asyhadu anlaa ilaha
illallaahu wah dahulaa syariikalahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu warasuuluhu la nabiya ba’da.”
28. Inilah artinya: “Yang fakir itu tiada suatu pun padanya”.
Maka firman Allah dalam Hadis Qudsi:
Tidur fakir itu tidurKu,
Makan fakir itu makanKu,
Dan minum fakir itu minumKu.
Firman Allah: “Manusia itu adalah RahasiaKu dan Aku Rahasianya dan Sifatnya”.
Berkata pula Uways Al Qarani: Yang fakir itu hidup dengan hidup Allah, dan sukanya dengan Kesukaan Allah.
Seperti kata Mashaikh: “Barangsiapa
yang mengenal Allah maka ia akan menyenkutukannya, dan barangsiapa
mengenal dirinya maka ia itu kafir”.
Seperti kata Syeikh Muhyil Din Ibnu Arabi:
Yang Makrifat itu dinding bagiNya,
Jikalau tiada wujud kedua (alam) niscaya nyatalah AdaNya.
29. Karena belajar dan makrifat,
rindu dan merindu, sekaliannya itu, pada iktibarnya adalah sifat hamba
juga, jikalau sekalian itu tiadalah padanya, maka lenyaplah ia. Karena
dzatnya dan sifatnya nisbat kepada Allah swt jua, jikalau barangkali
tiada ia, maka sifat hamba, seperti sifat ombak, pulang ke laut (Dzat).
Inilah makna Firman Allah
QS Fajr 89:28: Pulang kepada Tuhannya dengan redha dan diredhai.
Dan makna QS Al Baqarah 2:156: Daripada Allah kami datang dan kepada Allah kami kembali.
Dan Firman Allah: QS Al Qashash 28:88: Tiap-tiap sesuatu binasa kecuali wajah Allah.
Dan juga Firman Allah QS Ar Rahman
55:26,27: Segala sesuatu akan fana, dan yang kekal Dzat Tuhanmu yang
empunya Kebesaran dan Kemuliaan.
30. Jikalau masih ada lagi citanya,
rasanya dan lezatnya itu bermakna sifatnya dua jua, seperti musyahadah
pun dua lagi hukumnya. Dan jika lagi syuhud pun masih ada dua
kehendaknya:
Seperti rasa, yang dirasa dan merasa pun hendaknya, seperti mencinta dan dicinta hendaknya, masih dua belum lagi Esa.
Sekalian sifat itu pada iktibarnya dua juga, seperti ombak pada ombaknya laut pada lautnya,, belum lagi (kembali ke) laut.
Apabila ombak dan laut sudah menjadi
satu, muqabalah pun tidaklah, musyahadah pun tidaklah, makanya hanya
fana dengan fana jua. Tetapi jika dengan fananya itupun, jika
diketahuinya, maka belum bertemu dengan fana, karena ia lagi ingat akan
fananya. Itu masih lagi dua sifatnya.
31. Seperti kata Syeikh Attar:
Jalan orang berahi (kepada Allah)
yang wasil (sampai) kepada kekasihnya itu, maka orang itu satupun
tidaklah dilihatnya, segala orang yang melihat dia itu, dan alam itu pun
tiadalah dilihatnya.
Lagi kata Syeikh Attar:
Jangan ada semata-mata, inilah jalan kamil,
Jangan bermuka dua, inilah sebenarnya wasil.
Karena arti wasil bukan dua (tetapi Esa). Yakni syak dan yakin tidaklah ada padanya, maka wasillah.
Namanya Ilmul yakin, mengetahui
dengan yakin, Ainul yakin yaitu melihat dengan yakin, dan Haqqul yakin
yaitu sebenar yakin.. yakin adanya dengan ada Tuhannya Esa jua.
Maksudnya apabila sempurna fakirnya (fana) maka ia itu Allah,
Wallahu'alam
Barakallahu Fikum
Barakallahu Fikum
Wasalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu
Bismillahirrahmanirrahim...
Allahumma shallii alaa Muhammad Nabiyyil ummi wa barik 'alaihi wasallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad Wa umma wabarik 'alaihi wasallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad Biadadi man shalla' alaihi wasallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad Biadadi man lam an yushalli 'alaihi wasallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad kama tuhibbu an yushalli 'alaihi wassallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad kama amarta an yushalli 'alaihi wasallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad kama yasbaqhis shalawatu 'alaihi wasallim.
Allahumma shallii alaa Muhammad Nabiyyil ummi wa barik 'alaihi wasallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad Wa umma wabarik 'alaihi wasallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad Biadadi man shalla' alaihi wasallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad Biadadi man lam an yushalli 'alaihi wasallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad kama tuhibbu an yushalli 'alaihi wassallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad kama amarta an yushalli 'alaihi wasallim
Allahumma shallii 'alaa Muhammad kama yasbaqhis shalawatu 'alaihi wasallim.
Allahumma shalli 'alaa Muhammadin wa'ala ali Muhammadin kamasollaita'ala Ibrahim.
Wabarik'ala Muhammadin wa'ala ali Muhammadin kamabarakta'ala Ibrahima fil'alamin.
innaka hamidunmajid
amiin Ya Karim
amiin Ya Wahhab..amiin Ya "Alimun
Wabarik'ala Muhammadin wa'ala ali Muhammadin kamabarakta'ala Ibrahima fil'alamin.
innaka hamidunmajid
amiin Ya Karim
amiin Ya Wahhab..amiin Ya "Alimun